Kelas Orang Tua

“One cannot give what one doesn’t have.”

Ungkapan di atas benar adanya. Kita tidak bisa memberi apa yang tidak kita punyai.

Dalam hal pendidikan keislaman pada anak, akanlah sulit bagi orang tua untuk mendidik anak secara Islami jika orang tua tidak memiliki pengetahuan keislaman yang cukup.

Padahal pendidikan keislaman di rumah lebih memberi pengaruh dibanding pendidikan keislaman di sekolah-sekolah akhir minggu Islami (Islamic weekend school). Bayangkan, anak-anak tinggal di rumah dan berinteraksi dengan orang tua 7 hari seminggu, sementara porsi anak-anak di weekend school paling lama 2-3 jam saja per minggu.

Karena itu, sekolah akhir minggu paling -paling hanya memegang peranan supportif saja. Sementara orang tua -karena tinggal bersama anaknya – memegang kunci utama dalam membimbing anaknya untuk mengulang pelajaran yang diberikan di sekolah minggu Islami.

Ini mencakup mengulang dan mengawasi kelancaran baca Quran, mengulang dan mengoreksi hafalan Quran/doa, mengawasi dan mendorong anaknya untuk wudu dan sholat dengan teratur dan benar, serta mengulang pelajaran Islamic study.

Dengan latar belakang itulah, IQS merekomendasikan supaya orang tua mengikuti Kelas Orang Tua IQS yang berlangsung saat sang buah hati belajar keislaman di IQS.

Jadwal Kelas Orang Tua

  • Waktu: bersamaan dengan sesi ketiga (Islamic Studies) IQS, atau sekitar pukul 12:40-13:20.
  • Pemberi materi tausyiah: Eka Kristanto/Ani/Pembicara tamu.
  • Tempat: Masjid Istiqlal.

Leave a Reply