Sejarah IQS

IQS pada awalnya adalah Sekolah Qur’an untuk komunitas Muslim Indonesia di Houston, didirikan pada tahun 2006 oleh Dharma G. Pohan selaku ketua ICMI Orsat Houston, Arcandra Tahar dan Prahoro Nurtjahyo. Ketika itu, sekolah dinamakan ICMI North America Qur’anic School, yang dalam penyelenggaraan kegiatannya dilakukan atas kerjasama ICMI Orsat Houston dan KJRI Houston. Sekolah ini bertujuan untuk mendidik anak-anak dan para orang tua Muslim Indonesia yang memerlukan bimbingan untuk bisa membaca dan memahami isi kandungan Al-Qur’an dengan baik.

Sekolah dilaksanakan setiap hari Sabtu dari jam 11: 00 AM hingga 1:00 PM bertempat di Musholla Al Muhajirin, KJRI Houston. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkebangan sekolah Quran ini, nama ICMI North America Qur’anic School kemudian berubah menjadi Indonesian Qur’anic School (IQS). Kemudian pada tahun 2016, IQS pindah tempat dari Mushola Al Muhajirin, KJRI Houston ke Masjid Istiqlal yang betempat di Sugarland, TX.

Sejak pindah ke Masjid istiqlal, maka management-nya diserahkan sepenuhnya ke Indonesian American Muslim Community (IAMC) yang berfungsi sebagai organisasi resmi pengelola masjid Istiqlal. Dengan bertambahnya murid yang bukan berasal dari Indonesia, maka pada awal tahun 2017 nama Indonesian Quranic School diubah menjadi Istiqlal Quranic School.

Kepala sekolah IQS dari tahun ke tahun

  • 2006-2008: Dharma G. Pohan
  • 2008-2010: Zulfan E. Harahap
  • 2010-2016: Bhineka Kristanto